cupHcupHcupH

Rambut Rontok?

Posted on: Mei 18, 2008

Rambut rontok seringkali dialami oleh sebagian wanita. Kerontokan pada rambut seringkali diakhiri oleh kebotakan. Namun tidak perlu khawatir karena hal tersebut dapat diatasi, dan dianggap normal jika rambut rontok tidak lebih dari 100 helai per harinya.

Masalah terbesar yang terkait dengan rambut, selain berketombe adalah kerontokan. Rambut memiliki masa tumbuh, istirahat, dan lepas. Jadi, Anda tidak perlu panik selama rambut yang rontok tidak lebih dari 100 helai setiap harinya. Namun waspadalah jika lebih dari 100 helai setiap harinya, dan tidak dapat diimbangi oleh tumbuhnya rambut normal, sehingga akan tampak munculnya kebotakan (alopecia). Penelitian menunjukkan adanya perbedaan pola pertumbuhan rambut pada manusia sesuai dengan ras, genetik, nutrisi yang dikonsumsi, dan faktor hormonal setiap orang.

Beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya kerontokan pada rambut. Contohnya saja dari segi usia, genetik, hormonal, gizi, trauma fisik pada kepala, stres, memiliki penyakit, pengaruh obat-obatan, dan kerapuhan. Kerapuhan pada rambut dapat terjadi karena faktor kimiawi (seperti pewarnaan, pengeritingan, pemucatan, bleaching), dan menyisir rambut saat basah. Menurut salah satu anggota Asosiasi Penelitian Rambut di Amerika dan Eropa, ada dua jenis kerontokan rambut :
Hairfall
Hairfall merupakan masalah kerontokan yang terjadi karena rambut rapuh, dan melebihi batas normal.

Hairloss
Hairloss merupakan masalah kerontokan yang terjadi karena faktor usia, genetik, hormon, infeksi kulit, dan usai melahirkan.
Kerontokan yang disebabkan oleh masalah hormonal, terutama pada kerontokan tipe androgen, disebabkan karena meningkatnya kadar hormon androgen, khususnya testosteron. Kerontokan tipe ini tidak hanya terjadi pada para pria, karena wanita juga memiliki hormon ini dalam jumlah kecil. Perbedaannya terjadi hanya pada pola kebotakannya. Kerontokan yang terjadi pada pria biasanya dimulai dari puncak kepala, yang disusul dengan meluasnya ke seluruh bagian kepala. Sedangkan kerontokan pada wanita dimulai dari belahan rambut, yang kemudian menipis ke seluruh bagian.

Pada kedua tipe tersebut, kerontokan terjadi saat hormon testosteron pecah menjadi DHT (dihidrotestosteron). DHT menyerang folikel rambut dan menjadikannya mengkerut dalam diameter yang lebih kecil, hingga akhirnya rambut menjadi pendek dan tipis. Hal tersebut kulit kepala terlihat. Tanda-tanda yang harus diperhatikan jika rambut mulai rontok secara berlebihan :
Rambut mudah patah saat rambut disisir.

Rambut mudah patah saat bangun tidur. Helaian rambut terlihat banyak menempel di permukaan bantal.

Banyak helaian rambut terlepas seusai mencucinya.
Cari tahu apa yang menyebabkan rambut Anda rontok. Pada kerontokan yang bersifat reversible, rambut dapat tumbuh seperti sediakala jika Anda segera mengatasi penyebab (obat-obatan dan penyakit kronis), dan menghindari faktor resiko seperti stress dan malnutrisi. Konsumsilah sayur-sayuran dan buah yang mengandung vitamin A, B, dan C, serta kalsium (sayuran hijau, kacang-kacangan, jeruk, anggur, papaya, tomat, kedelai, tofu, seafood, dan yogurth). Namun untuk kerontokan yang bersifat genetik yang disebabkan oleh androgen, solusinya tidak sesederhana itu. Anda harus mengikuti terapi, serta menjalani perawatan dengan baik secara teratur.

Iklan

1 Response to "Rambut Rontok?"

Btw, tu kq kyany cman tulisn aj y?!
Tips, langkah2 prwtan guna mengtsi krontokany mala semu?

Tlg dong,
rambut saya lg rontok bsar2an neh,
ad tips?
Thanx,
xoxo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Link Us

Free Shoutbox Technology Pioneer The Free Site!
Search Engine Optimization and SEO Tools BlogFlux Tools I Support IGOS Summit 2 website monitoring servicewebsite tracker @Submit!-FREE Promotion ”saya http://plurk.com/redeemByURL?from_uid=3233004&check=-246086052&s=1

uLtaH wa…

myspace layouts, myspace codes, glitter graphics

tang9aL bRp yawH???

Mei 2008
S S R K J S M
« Apr   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Klik tertinggi

  • Tidak ada

Blog Stats

  • 25,632 hits
Iklan
%d blogger menyukai ini: