cupHcupHcupH

Tips Untuk Kulit Sehat

Posted on: Maret 24, 2008

Masalah pada kulit kadang dapat membuat pusing, terutama bagi para remaja putri. Kadang di saat bangun tidur, sudah muncul ‘si mungil’ yang berwarna merah di kulit wajah. Rasanya tidak pernah habis-habisnya gangguan yang muncul pada kulit.
Tapi sebenarnya, kita dapat mengurangi masalah itu dengan melakukan perawatan yang baik pada kulit. Walaupun akitifitas hormon sedang meningkat, yang dapat memicu gangguan kulit seperti jerawat, perawatan kulit yang baik dapat mencegah atau mengurangi masalah yang satu ini.

Jerawat, merupakan masalah kulit yang paling sering ditemukan. Penyebabnya adalah kelenjar minyak yang disebut sebum, tidak dapat lancar keluar dari pori-pori kulit kita. Penimbunan ini yang menyebabkan kulit di sekitar pori-pori yang tertutup itu, bila disertai infeksi akan menyebabkan bertambahnya rasa nyeri, merah, bengkak dan mengeras.

Untuk para remaja yang memasuki usia pubertas, jerawat menjadi masalah umum yang dijumpai. Hal ini disebabkan karena pengaruh hormonal yang menyebabkan peningkatan produksi sebum. Beberapa tip berikut ini dapat membantu mengurangi munculnya jerawat dan mempercepat hilangnya ‘si mungil’ dari kulit kita:

~Bersihkan muka dengan air hangat dua kali sehari (jangan lebih) dengan menggunakan sabun muka. Bila terlalu sering kita mencuci muka, akan menyebabkan kulit teriritasi.
~Setelah itu lakukan pemijatan perlahan pada wajah dengan gerakan melingkar. Tapi jangan menggosoknya. Karena dengan menggosok kulit, akan membuat kulit menjadi iritasi.
~Setelah kulit bersih dan dipijat, keringkan, kemudian dapat dioleskan obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide, yang dijual bebas, pada jerawat yang muncul di wajah Anda.
~Jangan memencet jerawat Anda, karena akan membuat infeksi yang terjadi akan menjalar semakin luas.
~Jangan menyentuh kulit wajah dengan tangan apalagi saat tangan belum dicuci. Atau jangan membiarkan benda-benda mengenai pada wajah, seperti pada saat berbaring tengkurap. Tangan atau benda-benda yang kotor dapat menyebabkan iritasi atau infeksi pada pori-pori kulit.

~Jika jerawat muncul di badan, janganlah memakai pakaian yang ketat. Karena pakaian yang ketat akan mempersulit kulit untuk ‘bernafas’ dan menyebabkannya teriritasi. Sebaiknya juga jangan memakai scarf, topi atau ikat kepala karena dapat terjadi penumpukan minyak maupun kotoran pada pori-pori kulit kita.
~Jika memakai kacamata, bersihkan secara rutin daerah di sekitar mata dan hidung, karena mudah terjadi penimbunan minyak yang dapat menutupi pori-pori.
~Bersihkanlah tata rias wajah sebelum tidur, walaupun Anda sudah lelah dan mengantuk.
~Gunakanlah tata rias yang sesuai untuk jenis kulit Anda, yang tidak menyebabkan timbulnya iritasi ataupun alergi pada wajah.
~Jangan gunakan tata rias yang lama, dimana tata rias tersebut sudah berubah bentuk, warna maupun aromanya.
~Hindari kulit dari sengatan matahari. Karena sengatan matahari akan membuat kulit memproduksi sebum (kelenjar keringat) semakin banyak, yang akan membuat jerawat semakin bertambah parah.
~Usahkan rambut selalu bersih dan tidak menutupi kulit wajah, untuk mencegah kotoran atau minyak yang dapat menutup pori-pori kulit.

Bila Anda telah melaksanakan semua tip-tip di atas, tapi kulit Anda tetap muncul banyak jerawat, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter akan memberikan perawatan dan obat-obatan untuk mengatasi jerawat Anda yang membandel tersebut.

Iklan

1 Response to "Tips Untuk Kulit Sehat"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Link Us

Free Shoutbox Technology Pioneer The Free Site!
Search Engine Optimization and SEO Tools BlogFlux Tools I Support IGOS Summit 2 website monitoring servicewebsite tracker @Submit!-FREE Promotion ”saya http://plurk.com/redeemByURL?from_uid=3233004&check=-246086052&s=1

uLtaH wa…

myspace layouts, myspace codes, glitter graphics

tang9aL bRp yawH???

Maret 2008
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Klik tertinggi

  • Tidak ada

Blog Stats

  • 25.666 hits
Iklan
%d blogger menyukai ini: